Tips: Cara Sederhana untuk Menghindari Radiasi Ponsel

on ,
Di jaman dan kehidupan Modern seperti ini, teknologi memang sangat berperan penting seperti Ponsel yang tidak bisa lepas dari tangan penggunanya. Misalnya saja untuk telepon, berkirim pesan, bermain game atau hanya untuk mencari informasi di internet. Semakin canggihnya ponsel kadang membuat orang lupa akan kesehatannya, Karena selain sebagai media komunikasi, ponsel juga memiliki Radiasi yang sangat berbahaya bagi tubuh kita. Walaupun berdampak buruk bagi tubuh kita, Masyarakat pengguna ponsel makin hari makin banyak yang menggunakannya, karena banyak yang beralasan fungsinya yang sangat membantu komunikasi antara keluarga yang jauh dan juga sebagai media hiburan, termasuk saya juga yang tidak bisa lepas dari ponsel. Untuk itu sebagai pencegahan disini kami memberikan Tips cara sederhana untuk menghindari radiasi ponsel :

Tips: Cara Sederhana untuk Menghindari Radiasi Ponsel
  • Mengatur jarak ponsel dengan kepala

Menurut para ahli di sarankan untuk melakukan obrolan lewat telepon dalam waktu lama, lebih baiknya menggunakan earphone atau dengan metode loudspeaker agar jarak antara telepon dan kepala tidak terlalu dekat. Untuk Radiasi tertinggi adalah pada waktu melakukan panggilan telepon. Sebaiknya waktu melakukan panggilan ponsel di pegang terlebih dahulu sebelum di jawab, setelah terjawab sebaiknya langsung di pasang earphone nya. karena radiasi yang di sebabkan yaitu bisa merusak jaringan otak dan mata.
  • Ponsel jangan diletakan di kantong depan baju

Kantong didepan kemeja biasanya menjadi tempat favorit untuk menaruh ponsel. karena mudah dijangkau dan misalkan ada telepon mudah di dengar. Tetapi untuk radiasinya sangat berbahaya karena kantong sangat dekat dengan jantung dan radiasi ponsel sangat bahaya bagi jantung. Disarankan agar ponsel di letakan di tas atau kantong celana belakang tepatnya. 
  • Baterai Ponsel Lowbat atau lemah

Pada waktu Baterai ponsel lowbat atau lemah radiasi yang di pancarkan sangat berbahaya. jadi di biasakan untuk menghindarinya. Dan juga pada waktu mengisi daya baterai lebih baik juga jangan di gunakan terlebih dahulu, karena pada saat mengisi daya baterai bisa menyebabkan sirkuit pendek listrik yang dapat menyebabkan setrum secara tiba-tiba.
  • Mematikan ponsel pada waktu tidur

Pada waktu kita tidur sistem di seluruh tubuh kita lemah. jadi memudahkan radiasi di ponsel dengan mudah masuk ke dalam tubuh kita. Sebaiknya ponsel di off atau di matikan pada saat tidur, misalkan tidak bisa di matikan atau sangat penting, kita letakan jauh dari tempat tidur. 
  • Hindari penggunaan ponsel di tempat lemah sinyal 
Pada waktu sinyal lemah, ponsel akan memancarkan banyak radiasi agar memperoleh jaringan. Di haruskan hindari pemakaian ponsel di tempat yang sinyalnya lemah. Hindari juga di ruangan tertutup karena biasanya tempat tertutup menangkal sinyal masuk. jika anda melakukan telepon di ruangan tersebut secara berulang mengakibatkan radiasi yang banyak dan juga merugikan orang di sekitar. 
  • Gunakanlah merek ponsel yang ternama

Karena merek ponsel yang sudah memiliki nama biasanya sudah di uji tingkat radiasinya agar tidak membahayakan penggunannya. Sebaiknya membeli ponsel yang bermerek walaupun itu dengan harga yang lumayan mahal.
  • Hindari Penggunaan Ponsel pada ibu hamil 
Untuk kesehatan calon bayi, bagi ibu-ibu hamil sebaiknya di kurangi untuk penggunaan telepon genggamnya untuk menghindari radiasi yang di pancarkan ponsel. Orang di sekitar ibu hamil juga harus menguranginya.

Semoga artikel di atas bermanfaat bagi pembaca semuanya, Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar