Berkembangnya Fitur Sensor Shift di Fotografi Kamera DSLR

on ,
Semakin berkembangnya dunia fotografi, Kini hadir Teknologi sensor shift dan terdapat di dalam kamera. Pada mulanya teknologi ini digunakan untuk mengatasi getaran pada kamera sewaktu memotret agar hasilnya tetap maksimal. Teknologi sensor shift mempunyai kelebihan dapat menstabilkan lensa yang terpasang stabilization ataupun tidak ada, karena lensa cenderung kompak dan ringan. Saat di pegang untuk merekam video hasilnya juga maksimal walaupun dipegang dengan tangan.
Kamera yang sudah menggunakan teknologi sensor Shift yaitu dari vendor Sony SLT dan Sony mirrorless (A7 mk II), Olympus, Panasonic (GX7) dan Pentax. walaupun teknologinya namanya beda tetapi maksud dan tujuannya sama. 
Berkembangnya Fitur Sensor Shift di Fotografi Kamera DSLR

Teknologi Sensor Shift, juga bisa di gunakan selain kegunaan yang ada di atas, misalnya saja di buat untuk menghasilkan efek-efek lain. contohnya saja pada kamera Olympus OMD EM5 mk II yang digunakan untuk membuat foto berevolusi tinggi yaitu : 40 MP. Padahal Sensor asli hanya 16 MP. Cara kerjanya adalah sewaktu sensor shift di aktifkan teknologi ini akan bergetar ke segala arah dan kamera menjepret foto sebanyak 8 foto selama kurang lebih 2 detik kemudian akan di gabung jadi satu dan di jadikan foto beresolusi 40 MP. Kemudian di Kamera Hasselblad H5D-50c format medium, bisa meningkatkan foto sampai dengan resolusi 200 MP, 1 file RAW nya saja berukuran 75 MB dan Gabungan multi shot dapat menghasilkan berkisar 400 MB.

Kegunaan sensor shift sebagai efek AA filter di terapkan pada Ricoh Pentax K3 di tahun 2013, yaitu untuk menghindari munculnya moire dan false color saat memotret subjek foto yang teksturnya rapat,halus dan berpola contohnya garis-garis pada baju kemeja. 
Teknologi Ricoh di pentax K3 berbeda dengan olympus yang membesarkan resolusi kameranya 24 MP dan menjepret 8 foto , Di kamera DSLR Pentax K3 generasi ke 2 di gunakan untuk penggunaan informasi warna yang lengkap sehingga hasil foto lebih tajam dan lebih akurat. Kemudian Pentax K3 disini menggunakan 4 foto beda dengan olympus yang 8 foto. Bagi anda yang ingin menikmati Kamera DSLR pentax K3 tunggu saja ahir bulan April.
Semoga artikel di atas bermanfaat bagi anda, Terimakasih


sumberinfo:detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar